Tips mencegah kurangnya cairan saat berpuasa


Bulan Ramadhan dimana seluruh umat islam di dunia melaksanakan ibadah puasa yaitu dengan menahan lapar, haus, hawa nafsu dan segala sesuatu yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai tenggelam matahari.


Saat berpuasa salah satu yang sering kita rasakan yaitu rasa haus atau kurangnya cairan pada tubuh kita sehingga tubuh menjadi lemas. Apa yang sebaiknya kita lakukan sehingga kita tidak kekurangan cairan saat berpuasa berikut tips sederhana dalam mencegah kuarangnya cairan atau dehidrasi selama menunaikan ibadah puasa :
  • Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena ada yang berpendapat bahwa Kafein membuat tubuh semakin dehidrasi. sehingga menjadi cepat haus.
  • Makanan makanan yang mengandung banyak cairan seperti buah-buahan disaat setelah berbuka puasa Misalnya : semangka, melon, mentimun, dan tomat atau bisa juga membuat es buah timunsuri, kolak, sayur sop dsb sehingga tubuh kita cukup dengan cairan.
  • Perbanyak minum air secara teratur sedikit-demi sedikit setelah berbuka dan ketika sahur  
Puasa itu menyehatkan tubuh, serta melatih kesabaran kita namun kita harus tetap menjaga  kesehatan dan kebugaran selama menjalankan ibadah puasa. Bulan suci Ramadhan bulan yang member kita berkah, rahmat dan ampunan bagi setiap muslim di seluruh dunia. 
Terimakasih semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa :)

0 komentar:



Posting Komentar