Tips Memilih Buah yang Segar dan Aman


Jika anda adalah penikmat buah-buahan dan rutin mengkonsumsi buah setiap hari, tentu anda pernah membeli buah dalam keadaan busuk, ya seperti yang saya alami kemarin ketika saya membeli buah apel untuk acara selamatan di rumah ternyata beberapa buahnya ada yang busuk. memang saat beli buah yang busuk diletakkan di tengah atau di bagian bawah kardus. Jadi buah yang busuk tak terlihat dari atas. Yah beginilah ulah penjual yang nakal. berikut saya beri tips agar saat anda membeli buah tidak di rugikan seperti ini.




1. Apel

Pilihlah apel berwarna cerah dan segar dan jangan memilih apel dengan kulit yang berbintik. Kemudian, Simpanlah apel di dalam kulkas, akan bertahan hingga 2-3 minggu. Sedangkan dalam suhu kamar, apel akan bertahan beberapa hari.

Untuk menyajikannya, cucilah apel di bawah air mengalir guna menghilangkan debu, insektisida/semprotan fungsida pada permukaannya. Lepaskan ujung atas dengan pisau dan belahlah menjadi dua.

Lalu, buanglah biji kecil di tengah. Dan iris apel dalam potongan dadu. Biasanya apel yang sudah dipotong bila didiamkan akan berwarna kecokelatan. Nah, untuk menunda sementara waktu, bilas irisan apel dengan air yang ditambah tetesan lemon segar. n

2. Pisang

Piih pisang yang berwarna kuning terang, dengan aroma khas, juga kulit yang mudah dikelupas. Hindari menyimpan berdekatan dengan buah-buahan lainnya karena akan merusak kualitas pisang.

3. Anggur

Pilihlah anggur bebas dari keriput, luka, dan masih melekat pada batang. Dan, jangan memilih anggur yang mudah rontok. Lalu, letakkan dalam lemari es.

Bila hendak menyajikan, cucilah anggur dengan air dingin selama beberapa menit. Lalu, keringkan dengan kain lembut. Bila anggur tidak habis, hindari melepaskan anggur dari batangnya.

4. Jambu biji

Pilihlah jambu biji dengan kulit utuh, tanpa memar lalu letakkan dalam lemari es. Bila hendak menyajikan, cucilah jambu biji dengan air mengalir guna hilangkan residu debu atau insektisida. Makanlah jambu biji bersama dengan kulitnya. Bila ada sisa-sisa bunga di bagian ujung, potong, lalu irislah.

5. Semangka


Pilih kulit semangka yang relatif halus, tidak terlalu mengilap, tanpa luka atau memar. Bila sudah membuka semangka, sebaiknya simpan dalam lemari es. Saat menyajikan, cucilah semangka dengan air bersih. Atau bersihkan dengan kain basah guna hilangkan debu pada permukaan dan insektisida.

6. Pepaya

Pilihlah kulit pepaya tanpa memar. Pepaya muda simpan dalam ruangan (suhu kamar) beberapa hari. Namun, bila pepaya sudah matang musti disimpan dalam lemari es. Saat menyajikan, bersihkan pepaya di bawah air mengalir. Kupas kulitnya. Potonglah pepaya menjadi dua bagian, lalu buang bijinya. Potonglah memanjang atau dadu kecil.

Semoga tips ini bermanfaat untuk anda semua, selamat mencoba :)

0 komentar:



Posting Komentar